UPT BIT LIPI Selenggarakan Pelatihan Manajemen Informasi Penyusunan Buletin dan Majalah

Anton Surahmat 30 Nov 2018 News 339 Kali

Bandung – UPT Balai Informasi Teknologi LIPI menyelenggarakan pelatihan manajemen informasi penyusunan bulletin dan majalah yang berlangsung pada 27 – 30 November 2018 di Gd. 40 UPT BIT LIPI. Pelatihan tersebut diikuti oleh 4 orang pegawai Bappelitbangda Kabupaten Katingan. Yaitu: Alpina, Indria Sukmayunara, Ria Andriani, dan Silvia. Selama 4 hari mereka secara kondusif mengikuti diklat yang bertujuan untuk membangun dasar pengembangan manajemen informasi yang akan diterapkan pada suatu media.

Salah satu peserta Silvia mengaku, tertarik dengan kegiatan pelatihan manajemen informasi karena instansinya akan merancang sebuah media internal organisasi dalam formas majalah. Karenanya, segala bentuk konsep dan penataran informasi menjadi krusial agar pesan yang dimuat dapat diterima dengan efektfi oleh para pembacanya. “Rencananya majalah kami akan terbit setiap bulan,” tuturnya.

Selama pelatihan berlangsung para peserta mendapatkan beragam materi mengenai konsep dasar penulisan artikel baik secara ilmiah maupun popular. Serta manajemen keredaksian bagi penerbitan suatu media baru, terutama majalah. Dr.Yusuf Nur Wijayanto tutor pelatihan mengatakan, manajemen penulisan artikel harus sesuai dengan minat dan tujuan dibentuknya media internal tersebut. Hal tersebut sebagai upaya organisasi dalam menarik rasa ingin tahu calon pembacanya terhadap konten majalah. Sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan efektif. “Kenali terlebih dahulu siapa pembaca konten kita,” tuturnya singkat.

Selama 4 hari para peserta juga berkesempatan praktek secara simultan membuat sebuah artikel sederhana yang sekiranya layak untuk diterbitkan. Hingga pada hari terakhir hasil tersebut didiskusikan sebagai upaya penyuntingan standar penulisan artikel yang baik. “Menarik semoga majalah kami nanti bisa terbit dengan memuaskan,” harap Silvia.