Refleksi Akhir Tahun 2018 UPT BIT LIPI

Anton Surahmat 28 Dec 2018 News 257 Kali

Bandung - Untuk menandai berakhirnya kegiatan pada tahun 2018, UPT Balai Informasi Teknologi LIPI mengadakan kegiatan Refleksi Akhir Tahun dengan tema “Peran UPT BIT dalam Mendukung Pengembangan Literasi Dijital Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Daya Saing di Era Industry 4.0“. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 17-18 Desember 2018, bertempat di Kebun Raya Cibodas, LIPI. Acara refleksi dibuka oleh Kepala UPT Balai Informasi Teknologi LIPI, Bapak Tommy Hendrix, S.T., M.Si. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan paparan hasil capaian tahun 2018, rencana kegiatan tahun 2019 dan rencana perubahan organisasi UPT BIT LIPI tahun 2019 terkait reorganisasi LIPI, oleh pejabat struktural dan PME di lingkungan UPT BIT LIPI.

Untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh pegawai UPT BIT LIPI, panitia mengundang Bapak Dr. R. Hendrian, M.Sc., kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas untuk berbagi pengalaman dan pemahaman terkait Reformasi Birokrasi dan Zona integritas. Dalam paparannya beliau berbagi pengalaman selama beliau menjadi Kepala di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi dan langkah yang beliau tempuh saat ini, ketika beliau menjabat sebagai Kepala di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas. Beliau menekankan pentingnya keterlibatan setiap elemen dalam organisasi, mulai dari pimpinan puncak sampai pelaksana teknis di lapangan. Setiap unsur harus memiliki rasa memiliki, merasa diakui dan bangga menjadi bagian dari organisasi sehingga selalu terdorong untuk berkontribusi aktif dalam setiap upaya perbaikan diri dan organisasinya. Kegiatan hari pertama ditutup dengan makan malam dan acara ramah tamah.

Hari kedua dimulai dengan pengenalan potensi wilayah Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas LIPI. Kegiatan ini member kesempatan pada sivitas UPT BIT LIPI untuk lebih mengenal kekayaan alam yang dimiliki Kebun Raya Cibodas, yang juga merupakan salah satu satuan kerja di lingkungan LIPI. Kegiatan pengenalan lingkungan ini dipandu oleh salah satu peneliti di lingkungan BKT KRC, Muhammad Efendi, S.Si. Setelah sarapan pagi, dilaksanakan kegiatan kebersamaan berupa fun games yang diikuti seluruh pegawai UPT BIT LIPI. Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan makan siang dan doa bersama yang dilanjutkan dengan perjalanan pulang menuju Bandung.