Pelatihan Multimedia Interaktif

Anton Surahmat 22 Oct 2018 News 77 Kali

Bandung – Era digital 4.0 ditandai dengan semakin mudahnya akses informasi melalui beragam perangkat gawai seperti telepon seluler maupun tablet. Kemudahan tersebut berdampak pada semakin meluasnya berbagai mode pembelajaran secara digital seperti flash maupun video – video tutorial. Kemampuan itulah yang hendak digapai peserta pelatihan multimedia interaktif, Luluk Lailatul Badriyah selama mengikuti diklat multimedia interaktif (8-12/10) di UPT BIT LIPI. “Saya berharap dapat mengembangkan aplikasi pembelajaran yang menarik bagi peserta didik,” tutur Luluk yang berperan sebagai Narasumber di PPSDK Kementerian Perdagangan.

Hal senada juga dikatakan Muhammad Ridwan yang juga merupakan Narasumber di PPSDK Kementerian Perdagangan, dirinya mengaku belum terbiasa dengan pembuatan medium pembelajaran dalam bentuk flash meskipun beberapa dasar penggunaan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop sudah cukup matang dikuasai. “Semoga dari pelatihan ini saya bisa membuat kemasan pembelajaran yang lebih menarik,” harapnya.

Merespon hal tersebut, Tutor kegiatan pelatihan multimedia interaktif Arief S. Hermawan mengungkapkan bahwa salah satu hal utama dalam merancang media pembelajaran multimedia yang menarik adalah konsep navigasi. Peserta harus mampu lebih dulu memetakan proses pembelajaran yang ingin ditunjukan atau diikuti oleh para peserta didiknya. “Nanti kita juga belajar bagaimana mengubah format media pembelajarannya dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses lewat handphone,” terang Arief.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama 5 hari ini, para peserta mendapatkan beragam materi konsep dan praktik pembuatan media pembelajaran yang interaktif. Para peserta juga melakukan proses trial dan error secara langsung selama proses perancangan, sehingga memperkaya kemampuan peserta dalam menyelesaikan setiap problem teknis yang terjadi.

Pelatihan selanjutnya ialah pelatihan motiongrafis yang akan berlangsung pada 23 -  26 Oktober mendatang. Bagi anda yang berminat mengikutinya dapat menghubungi kontak yang tersedia.