Partisipasi UPT BIT LIPI dalam Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2018

Jazuli 14 Aug 2018 News 66 Kali

Pekanbaru - Rangkaian acara kegiatan puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 23 tahun 2018 diselenggarakan di Pekanbaru, Provinsi Riau 9 – 12 Agustus 2018. Salah satu kegiatannya yaitu Ritech Expo. Ritech Expo merupakan ajang pameran yang digelar setiap tahun dalam rangka peringatan Hakteknas. Tahun 2018 tema Ritech Expo yaitu “Indonesia untuk Kemandirian Pangan dan Energi”.

Berbagai kegiatan penelitian LIPI yang sesuai dengan tema ditampilkan dalam Ritech Expo, di antaranya LIPI Ultrafine Bubble Generator (LUTOR) atau Nano Bubble Generator, teknologi Impulse Magnetizer yang berguna bagi pembuatan produk baterai, produk gudeg kaleng dan juga makanan teknologi kaleng lainnya, sistem deteksi penyakit tanaman berbasis Deep Learning, produk-produk pangan fungsional seperti Pro Barz, Banana Flakes (Bafle), dan lainnya, hingga riset ikan Tuna dari Ambon.

UPT Balai Informasi Teknologi (BIT) LIPI juga turut andil dalam pameran tersebut, dengan menampilkan film-film yang sesuai dengan tema pangan. Antara lain film Traditional Food Packaging, Plesir Sains Edisi Yogya, Dari jamur bisa makmur, Fermentasi Kakao, Pengolahan daging, dan Film LUTOR. Film-film yang diputar di stand LIPI oleh BIT LIPI merupakan penjelasan lengkap mengenai hasil-hasil penelitian LIPI yang ada di display pameran. Jadi informasi lengkap mengenai produk-produk yang ada di display dapat pengunjung peroleh di tayangan film-film tersebut.

Untuk menambah keseruan dan partisipasi dari pengunjung, pihak Humas LIPI membuat games-games seru dengan hadiah produk-produk yang dihasilkan dari penelitian LIPI. Hal ini dilakukan untuk lebih mengenalkan LIPI pada masyarakat Pekanbaru pada khususnya dan pengunjung dari luar yang datang pada saat kegiatan pameran.