Diseminasi IPTEK Serdang Bedagai

Anton Surahmat 02 Oct 2018 News 50 Kali

Bandung – Kepala UPT Balai Informasi Teknologi LIPI Tommy Hendrix, S.T., M.Si menjadi representatif LIPI dalam kegiatan diseminasi IPTEK di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Kamis, 12/9) di Aula Kecamatan Tanjung Beringin. Kegiatan bertema “Pemanfaatan dan Penerapan IPTEK untuk masyarakat” ini dihadiri puluhan peserta yang berasal dari berbagai latarbelakang organisasi kemasyarakatan seperti UKM, kelompok tani hingga organisasi kepemudaan setempat.

“Ini merupakan cita – cita LIPI untuk bisa hadir di masyarakat dan memberikan sumbangsihnya bagi kemajuan IPTEK di daerah,” tutur Tommy Hendrix. Lebih dari itu, dirinya berharap kegiatan ini bisa semakin memperkokoh kolaborasi LIPI dengan pemerintahan daerah dalam membangun IPTEK di masyarakat. “Kami berterimakasih LIPI mau turun ke Serdang Bedagai ini untuk membantu kami dalam meningkatkan pendidikan yang ada di Sergei ini,” ujar Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman. Dirinya juga berharap kegiatan diseminasi ini tidak hanya berlangsung satu kali melainkan berkelanjutan. Karena menurutnya, hal terpenting dalam membangun daerah bukan cuma suntikan pembangunan infrastruktur tetapi juga pola pikir masyarakat.

Kegiatan diseminasi iptek kali ini membawa setidaknya 1000 bibit pohon mangga yang dibagikan secara gratis bagi para peserta. Tidak hanya itu, para peserta juga mendapatkan materi – materi terkait pengolahan dan peningkatan sumber daya tanaman lokal bagi masyarakat Serdang Bedagai. Anggota DPR RI Komisi VII H. Abdul Wahab Dalimunthe, S.H. yang turut hadir mengungkapkan apresiasinya dalam kegiatan kali ini. Menurutnya, kegiatan diseminasi di Serdang Bedagai akan memberikan ilmu nyata bagi peningkatan kemampuan pengelolaan tanaman yang dimiliki masyarakat Serdang Bedagai. “Harapannya semoga ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat Serdang Bedagai,” imbuhnya.

Selain mangga, LIPI juga membagikan bibit tanaman Jambu Kristal yang tengah popular di pasar. Dan keahlian mengelola tanaman ini juga menjadi salah satu agenda materi yang disampaikan melalui materi Teknologi Produk Olahan Buah Mangga dan Jambu Kristal. Kegiatan diseminasi ini tidak hanya berlangsung di Serdang Bedagai, rencananya kegiatan serupa akan dilaksanakan di daerah – daerah lain sebagai upaya LIPI meningkatkan pemanfaatan IPTEK di masyarakat.