BIT LIPI menampilkan E Book dalam Pameran ICDI

Jazuli 05 Oct 2018 News 163 Kali

International Conference Documentation and Information (ICDI) diselenggarakan oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI di Jakarta 19-20 September 2018 yang lalu. Perhelatan internasional tersebut digelar di auditorium utama LIPI Jakarta. Dengan dihadiri oleh peneliti dan pustakawan yang berasal dari Indonesia maupun negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Jepang. Pada kegiatan tersebut, salah satu pustakawan dari UPT Balai Informari Teknologi (BIT) LIPI, Kamaludin juga mempresentasikan hasil karya tulis ilmiahnya. Dalam presentasinya, Kamaludin menyoroti mengenai dokumentasi dan informasi melalui media video yang dilakukan oleh UPT BIT LIPI.

Selain kegiatan seminar, pada acara tersebut juga digelar kegiatan pameran yang diikuti oleh satuan kerja di bawah Kedeputian Jasa Ilmiah LIPI. Di antaranya UPT Balai Media Reproduksi (BMR), UPT Balai Informasi Teknologi, serta Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah. Seperti pada kegiatan-kegiatan pameran yang diikuti sebelumnya, BIT LIPI menampilkan film hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti LIPI melalui kanal Youtube LIPI. Selain itu pada stand BIT juga pengunjung disuguhi website digital library yang menampilkan buku-buku hasil terbitan dari BMR LIPI yang telah didigitalkan berbentuk ebook 3D oleh civitas BIT di Seksi Pendayagunaan Koleksi Informasi. Pengunjung dapat membaca buku secara full teks melalui PC dengan layar sentuh yang berada di stand BIT.

Banyak pengunjung dalam kegiatan tersebut tertarik dengan tampilan buku secara e book 3D. Bahkan ada beberapa pengunjung dari perpustakaan universitas ingin mendigitalkan koleksi-koleksi bukunya ke dalam tampilan ebook. Salah satu yang tertarik dengan pengemasan ebook 3D yaitu dari perpustakaan Universitas Andalas Padang. Kepala Perpustakaan Universitas Andalas, Andi Saputra mengatakan ketertarikannya pada saat berkunjung ke stand BIT LIPI. “Banyak koleksi buku-buku di perpustakaan kami yang akan lebih baik dan awet apabila dikemas dalam bentuk seperti ini (ebook 3D), dengan kemasan seperti ini buku bisa diakses dari mana saja” ungkapnya.

Buku yang banyak diakses untuk dibaca dalam kegiatan tersebut adalah buku 50 tahun Kiprah LIPI untuk Bangsa dan Ekspedisi Pulau Enggano. Dengan mengakses alamat http://www.digilib.bit.lipi.go.id/ebook3d/ pengunjung dapat membaca buku full teks mengenai penelitian-penelitian LIPI.