BIT LIPI kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta selenggarakan Bimtek Pengemasan Informasi Berbasis E-book 3 Dimensi

Anton Surahmat 25 Nov 2018 News 10 Kali

Yogyakarta - Sebanyak 22 pegawai di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta pada Jumat, 16 November 2018 mendapatkan pelatihan / bimbingan teknis berupa pembuatan konten informasi dari civitas Balai Informasi Teknologi (BIT) LIPI. Peserta yang hadir merupakan sebagian pustakawan dan arsiparis di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.

Paket informasi yang diajarkan kepada peserta berupa pembuatan media informasi dalam bentuk digital atau ebook 3 dimensi. Bimtek selama satu hari penuh tersebut diajarkan langsung oleh Kepala Seksi Pendayagunaan Koleksi Informasi Teknologi (PKIT) BIT LIPI Abudrrakhman Prasetyadi, M.P. dan stafnya Aria Bisri, S. Kom. Dalam kegiatan bimtek peserta sangat antusias mengikuti setiap langkah yang diajarkan. Bertempat di gedung Pevita (Perpustakaan Alternative Yogyakarta Selatan) yang sehari sebelumnya baru diresmikan oleh Walikota Yogyakarta.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala BIT LIPI, Tommy Hendrix, S.T., M.Si. menyampaikan pentingnya mengikuti perkembangan zaman, mengingat kini kita sedang dihadapkan pada revolusi industri 4.0 dimana teknologi berkembang sangat cepat, apabila kita tidak dapat mengikutinya maka kita akan tertinggal, ungkapnya.  

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, dalam sambutan pembukaannya Nunuk berharap “Dengan adanya bimtek ini diharapkan pustakawan dan arsiparis yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dapat menambah ilmu sehingga dapat memberikan pelayanan yang paripurna terhadap pemustaka yang hadir di Perpustakaan Kota Yogyakarta” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama yang telah dilakukan oleh BIT LIPI dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Selain memberikan koleksi multimedia yang diproduksi oleh BIT LIPI untuk didiseminasikan kepada masyarakat Koya Yogyakarta dan sekitarnya melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, BIT LIPI juga turut berkontribusi dalam mengembangkan SDM Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.