BIT LIPI Garap Profil Pariwisata Kota Probolinggo

Jazuli 02 Oct 2018 News 30 Kali

Probolinggo - Setiap daerah atau kota pasti memiliki destinasi yang menjadi andalan sektor pariwisatanya. Berbagai macam cara dilakukan untuk menarik pengunjung baik lokal maupun internasional untuk dapat singgah di daerah tersebut. Hal ini juga yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Probolinggo, dalam menarik kunjungan pariwisata yaitu dengan menggelar event tahunan bernama ”SEMIPRO” atau Seminggu di Probolinggo. Berbagai kegiatan untuk menarik wisatawan dilakukan dalam kurun waktu seminggu ini di Kota Probolinggo. Di antaranya perlombaan kerapan sapi brujul, kerapan kambing, pawai budaya, dan lomba-lomba yang mengangkat budaya asli Kota Probolinggo.

Kegiatan tersebut dilakukan berbarengan dengan Hari Ulang Tahun Kota Probolinggo pada akhir Agustus lalu. Civitas BIT LIPI berkesempatan untuk menangkap moment event SEMIPRO yang dikemas menjadi sebuah tayangan audio visual dalam bentuk profil pariwisata. Kegiatan ini merupakan kali kedua dalam tahun 2018, sivitas BIT LIPI membuat video di Kota Probolinggo. Pertama video profil investasi yang sudah selesai pengerjaannya, kemudian yang kedua pembuatan profil pariwisata. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan skema PNBP antara BIT LIPI dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo yang sudah berjalan selama satu tahun.

Selain dalam rangkaian event SEMIPRO, tim BIT LIPI juga mengambil gambar mengenai potensi wisata lainnya yang ada di Kota Probolinggo. Kota Probolinggo merupakan kota transit, sehingga belum banyak potensi wisata yang diketahui oleh masyarakat luas. Melalui video profil ini, diharapkan akan banyak pengunjung yang akan datang di Kota Probolinggo untuk berwisata.

Pembuatan video ini dilakukan selama sepuluh hari, dengan mengakomodir sebagian kegiatan SEMIPRO dan yang lainnya berupa adegan yang ada di tempat-tempat wisata. Seperti Taman Wisata Studi Lingkungan, Bee Jay Bakau Resort, Pengrajin Batik, Pengrajin Keramik, tempat kuliner khas dan tempat-tempat lain yang memiliki potensi wisata. Kedepannya melalui video profil ini, Pemerintah Kota Probolinggo akan lebih mudah melakukan presentasi mengenai potensi wisata yang ada di Kota Probolinggo kepada stakeholdernya.