Audit Eksternal UPT BIT LIPI

Anton Surahmat 16 Aug 2018 News 66 Kali

Bandung – “Kita yakin UPT BIT nanti dapat berkembang lagi menjadi layanan yang bersifat nasional dan bahkan internasional,” seru Kepala UPT BIT LIPI Tommy Hendrix, S.T.,M.Si kepada seluruh peserta audit eksternal UPT BIT LIPI pada acara pembukaan audit eksternal yang berlangsung pada Kamis (9/8/18) di ruang seminar Lt. 2 Gd. 40 UPT BIT LIPI.

Ia turut menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh jajaran struktural dan juga pegawai UPT BIT LIPI lain yang telah sama – sama mempersiapkan diri untuk audit tersebut. Tidak lupa Pak Tommy juga berterima kasih kepada pembimbing audit M. Tomtom Makmur dari P2SMTP LIPI yang telah setia membantu dan mendampingi UPT BIT LIPI dalam memperbaiki dan meningkatkan sistem yang ada. “Mudah – mudahan apa – apa yang kita siapkan dapat kita senantiasa membuat kita lebih baik ke depannya,” harapnya.

Kegiatan audit eksternal ini merupakan upaya berkesinambungan UPT BIT LIPI dalam memastikan sistem layanan yang selama ini berjalan telah efektif dan efisien. Selain itu, audit eksternal kali ini juga menjadi ajang pembuktian kesiapan UPT BIT LIPI untuk berhak menerima sertifikasi ISO 9001:2015 sebagai lembaga yang telah menerapkan sistem pelayanan ISO 9001:2015 dengan baik. Adapun auditor eksternal yang melakukan kegiatan penelaahan berasal dari QM Certification,salah satu lembaga sertifikasi terkemuka di Indonesia.

Dua auditor QM Certification yang bertugas adalah Benny Sumaryoto dan Yennidawati. Keduanya telah berpengalaman selama bertahun – tahun dalam kegiatan audit ISO. “Dalam ISO 9001:2015 ini salah satu perubahannya ialah bagaimana tingkat engagement of people, bagaimana pegawai ikut terlibat dalam membangun organisasi lebih baik lagi,” tutur Benny Sumaryoto. Ia melanjutkan, poin lain dalam ISO 9001:2015 ini turut menyinggung aspek pelayanan terhadap semua pemangku kepentingan. Tidak hanya eksternal tapi juga internal. Dan hasil dari audit eksternal yang telah dilakukan selama dua hari, mulai tanggal 9-10 Agustus 2018 tersebut adalah BIT LIPI direkomendasikan untuk menerima sertifikasi (certified) karena telah mampu memenuhi persyaratan SMM ISO 9001:2015.