Penjajakan Kerjasama BIT LIPI dengan Fakultas Film dan Televisi IKJ

  • PDFPrintE-mail

Jakarta – Balai Informasi Teknologi (BIT) LIPI pada kamis, 1  Februari 2018 melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Film dan Televisi (FFTV) Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Delegasi BIT LIPI yang terdiri dari Kepala BIT LIPI, Kepala Seksi Pengelola Sistem Informasi Teknologi, Peneliti Bidang Dokumentasi dan Informasi, serta dari Seksi Pemasyarakatan dan Kerjasama melakukan kunjungan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dunia pendidikan, khususnya yang mempunyai jurusan film dalam mencetak calon-calon sineas yang akan berkecimpung secara langsung di dunia perfilman Indonesia, dan kemungkinan kerjasama yang kedepannya dapat terbangun antara BIT LIPI dengan IKJ. Hal ini juga telah dilakukan sebelumnya oleh BIT LIPI sejak 2015 lalu, yaitu kerjasama dengan MMTC Yogyakarta.


Seperti yang sudah kita ketahui bersama, IKJ merupakan salah satu lembaga pendidikan pencetak sumberdaya manusia di dunia perfilman Indonesia. Sudah banyak deretan nama-nama besar perfilman Indonesia yang merupakan alumni dari IKJ.

BIT LIPI sebagai satuan kerja yang kini diakui oleh internal LIPI sebagai rumah produksi, sudah tentu harus banyak belajar dari berbagai sumber yang mempunyai kaitan baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain untuk memberikan gambaran dari dunia luar mengenai perkembangan dunia perfilman, juga untuk menambah relasi. Banyak informasi yang disampaikan oleh Dekan FFTV R.B. Armantono kepada pihak BIT LIPI di ruang rapat dekan. Salah satunya IKJ menginisasi terbentuknya asosiasi program studi film, yang di dalamnya terdiri dari 15 perguruan tinggi yang memiliki program studi film. Selain itu IKJ juga tengah melakukan kerjasama dengan Pusat Pengembangan Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam bidang penelitian kajian media film. Diharapkan ke depannya antara BIT LIPI dengan IKJ dapat berkolaborasi dalam hal mengerjakan karya bersama dalam bentuk film.

Diskusi pun berlangsung secara informal, berbagai pandangan dan pemikiran tercurahkan dari masing-masing yang hadir di ruang tersebut. Yang pada intinya pihak IKJ merespon baik kedatangan teman-teman dari BIT LIPI dan menyambut baik tawaran kerjasama yang akan dibangun antara kedua belah pihak. Lebih lanjut pihak IKJ pun akan melakukan kunjungan balik ke kantor BIT LIPI dalam waktu dekat untuk membahas secara detail kerjasama yang akan dibangun. Hal ini disampaikan oleh Suryana Paramita selaku Wakil Dekan Bidang Kerjasama FFTV IKJ.

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB