Workshop Pembuatan Film IPTEK

  • PDFPrintE-mail

Bandung – Bekerjasama dengan Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI, UPT Balai Informasi Teknologi LIPI menyelenggarakan workshop pembuatan film IPTEK yang berlangsung pada 9 September 2017 di Taman Pintar Yogyakarta. Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian acara Bulan Teknologi BPTBA LIPI 2017 ini cukup menyedot animo masyarakat Yogyakarta. Pesertanya bukan saja berasal dari tingkat SMP/SMA/Sederejat melainkan juga berasal dari perguruan tinggi yang berada di wilayah Yogyakarta, seperti Universitas Gadjah Mada dan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto.


Audrey Vania salah seorang peserta workshop yang berasal dari MAN 2 Yogyakarta mengaku senang dengan penyelenggaraan workshop pembuatan film IPTEK ini. Terlebih dirinya merupakan seorang yang baru mengenal dunia sinematografi. “Bermanfaat sekali dan semoga bisa ikut lagi suatu nanti,” tuturnya. Setidaknya ada 62 peserta workshop yang turut mendaftar dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul Workshop pembuatan film iptek berlangsung selama 3 jam ini.

Sinematografer BIT Penny Sylvania Putri yang juga sekaligus merupakan narasumber pada kegiatan workshop pembuatan film IPTEK dalam presentasinya menjelaskan ada 5 tahap yang harus ditempuh dalam produksi sebuah film IPTEK. Kelima tahapan tersebut ialah tahap pengembangan cerita, tahap praproduksi, tahap produksi, tahap pascaproduksi serta tahap eksibisi. Kelima tahap tersebut merupakan rangkaian yang harus dilewati supaya film yang dihasilkan dapat memenuhi target yang ditentukan. “Salah satunya adalah tahap pengembangan cerita,” jelasnya sembari tersenyum.

Tema utama dalam penyelenggaraan workshop pembuatan film IPTEK kali ini adalah membangun ide cerita. Hal ini disebabkan ide cerita merupakan pondasi penting dari perencanaan – perencanaan selanjutnya yang akan dijalani dalam pembuatan film IPTEK. Guna mendapatkan gambaran yang baik mengenai ide cerita, para peserta terlebih dahulu menyaksikan tayangan film IPTEK The Zoologist: Lembaran Cerita Dalam Ekspedisi. Sehingga mereka dapat belajar menyimpulkan ide cerita seperti apa yang dibangun dalam film The Zoologist.


Selanjutnya, para peserta yang telah dibagi dalam 6 kelompok melakukan curah gagasan mengenai ide cerita seperti apa yang akan mereka bentuk. Keenam kelompok dengan latarbelakang anggota yang berbeda memicu beragam pendapat dan usulan yang beragam tentang seperti apa ide cerita yang akan mereka buat. Walhasil terdapat banyak ide – ide cerita kreatif yang dihasilkan dari 6 kelompok peserta workshop pembuatan film IPTEK ini. Pada sesi penutup, para kelompok tadi secara bergantian memaparkan ide cerita seperti apa yang hendak mereka buat. Selepas diskusi singkat, para peserta dan seluruh panitia workshop pembuatan film IPTEK berfoto bersama untuk menutup kegiatan.

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB