Sosialisasi ISO 9001:2015

  • PDFPrintE-mail

Bandung – Dalam rangka meningkatkan pelayanan dalam bidang penyelenggaraan pelatihan, perpustakaan dan multimedia, UPT Balai Informasi Teknologi LIPI menyelenggarakan Sosialisasi ISO 9001:2015, Kamis (15/6/2017) di Ruang Seminar Lt.2 Gd 40 UPT BIT LIPI Bandung. Sosialisasi ini merupakan bentuk persiapan migrasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO ISO 9001:2008 yang sebelumnya telah diimplementasikan di UPT BIT LIPI, khususnya bagi layanan pelatihan dan layanan perpustakaan. Serta sebagai langkah awal persiapan penerapan SMM ISO 9001:2015 untuk pertama kalinya bagi layanan multimedia.


Narasumber M. Tomtom Makmur dari Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI (P2SMTP LIPI) menjelaskan beberapa perbedaan signifikan antara ISO 9001:2008 dengan ISO 9001:2015. Dua diantaranya yaitu: prinsip manajemen mutu yang lebih sedikit dan klausul yang lebih spesifik. “Prosedur pada ISO 2015 tidak berbeda jauh dari 2008 malah beberapa prosedur justru lebih ringkas,” serunya kepada para sivitas UPT BIT LIPI yang hadir. Ia juga mengingatkan pentingnya imigrasi ISO 9001:2015 sebagai bentuk perwujudan dari penerapan pelayanan prima. Karena SMM ISO seyogyanya menjadi cerminan bentuk pelayanan optimal bagi semua pemangku kepentingan di UPT BIT. “BIT ada karena ada pelanggan, karena itulah kita membutuhkan prosedur ini,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, ISO dan program RB ZI yang saat ini berjalan di LIPI sebenarnya berjalan beriringan. Keduanya saling melengkapi dan mendukung. Karena pada hakekatnya ISO mengintegrasikan peraturan – peraturan yang ada, sehingga apa yang menjadi Bukti Terdokumentasi ISO dapat berlaku juga untuk Dokumen RB ZI. “Contoh RB ZI harus membuat peta penilaian resiko, nah di ISO sudah ada,” jelasnya.


Pada akhir sesi, Pak Tomtom secara ringkas membuat Tabel Rencana Aksi Migrasi ISO 9001:2015 UPT BIT LIPI yang beranggotakan para sivitas dari masing – masing bagian di UPT BIT LIPI. Hal ini sebagai bentuk persiapan menuju sertifikasi ISO 9001:2015. Tidak lupa dirinya juga menekankan pentingnya kerja sama dan kerelaan dari semua sivitas UPT BIT LIPI untuk mengimplementasikan SMM 9001:2015. Karena sesungguhnya penerapan yang efektif akan benar – benar terwujud apabila dilakukan dengan sepenuh hati oleh seluruh pegawai. Sehingga dibutuhkan rencana aksi yang jelas untuk memulai migrasi menuju SMM 9001:2015. “Salah satu misi ISO adalah mengembangkan standar internasional secara sukarela untuk mutu yang tinggi,” tegasnya.

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB