Workshop Pengembangan Cerita bersama Prima Rusdi

  • PDFPrintE-mail

Bandung – Kesuksesan sekuel film Ada Apa dengan Cinta pada tahun 2016 silam tidak lepas dari menariknya alur cerita yang dibuat. Penokohan serta struktur cerita yang kuat membuat film AADC 2 merengguk sukses di pasaran tanah air. Pengembangan cerita dalam film tersebut seyogyanya tidak dilakukan secara sembarangan. Hal itu membutuhkan riset yang lengkap dan cermat sehingga dapat menghasilkan skrip yang mumpuni sebagai “Nilai” dari film tersebut. Hal tersebut diungkapkan Prima Rusdi salah satu penulis skenario AADC. Datang sebagai narasumber, Prima Rusdi membagikan pengalamannya selama puluhan tahun aktif sebagai penulis skenario tanah air. “Kunci keberhasilan film adalah value dari film tersebut,” ungkapnya kepada para civitas UPT BIT LIPI, Selasa (6/6/17) di Ruang Seminar Lantai 2 Gd. 40 UPT BIT LIPI.


Parameter film yang sukses baginya ialah film yang berjalan sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan sebelum proses produksi dimulai. Ia memisalkan, jika BIT sebagai rumah produksi film LIPI ingin membuat generasi muda untuk bercita – cita menjadi peneliti. “Maka ciptakanlah cerita yang bisa menginspirasi penontonnya ingin menjadi seorang peneliti, munculkan Bahasa visual yang lebih tajam ke arah situ,” tuturnya.

Ia menambahkan semua orang dapat membuat film tapi tidak melulu menawarkan value yang berharga bagi penonton. Karenanya riset menjadi salah satu hal paling krusial dalam proses praproduksi film. Karena hasil riset akan membantu produser, sutradara dan penulis skenario menentukan value dari film yang akan dibuat. “Riset pertama menghasilkan sinopsis dan riset selanjutnya dibentuklah treatment,” pungkas penulis yang sering bekerjasama dengan Riri Riza ini.


Gravinda salah satu peserta mengaku merasa amat terbantu dengan adanya Workshop Pengembangan Cerita ini. Tambahan wawasan dan perspektif produksi film yang didapat dari workshop ini seyogyanya bisa membantu para sinematografer UPT BIT untuk mengoptimalkan karyanya. “Tahap terpenting adalah persiapan dan workshop ini memberi pencerahan untuk menegaskan bahwa riset itu penting,” tegasnya.

8/6/2017

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB