Nobar dan Diskusi Film The Zoologist

  • PDFPrintE-mail

Bogor – Siang itu (Sabtu, 20/5/2017), Gedung Griya Anggrek KRB Bogor Nampak berbeda dari hari – hari biasanya. Dentuman musik serta narasi vokal sebuah film mengisi seluruh aula utama Griya Anggrek. Sebuah layar infokus menjadi pusat perhatian para pengunjung. Beberapa nampak memilih untuk duduk pada karpet khusus yang telah disediakan, lainnya tertegun berdiri menyaksikan dengan seksama.


Film The Zoologist yang tengah diputar mengisahkan pengalaman inspiratif menjadi seorang peneliti. Tiga peneliti; Dr. Amir Hamidy peneliti bidang herpetologi, Ir. Maharadatunkamsi M.Sc peneliti bidang ekologi dan Biosistimatika Mamalia Kecil dan Yuli Sulistya Fitriana, S.Si Peneliti Bidang Taksonomi Hewan. Ketiganya berkisah suka dan duka selama mengabdikan diri menjadi peneliti. Beragam pengalaman dari mulai hal konyol hingga seru menegangkan terpapar selama film berdurasi 25 menit berlangsung.

Selesai pemutaran film, tidak kurang dari 25 peserta terlibat dalam sesi talkshow bersama produser sekaligus sutradara The Zoologist Penny Sylvania Putri. Turut hadir pula peneliti sekaligus pemeran dalam The Zoologist Dr. Amir Hamidy. “Selama penelitian pernahkah ada peneliti yang misalnya tergigit ular dan bagaimana menangani kejadian tersebut?” tanya Rahmi, salah satu peserta talkshow. Menjawab pertanyaan tersebut Dr. Amir menjelaskan setiap ekspedisi selalu memiliki resiko. Dan manajemen resiko tersebut telah direncanakan oleh tim yang berada di dalamnya. Karenanya, keberadaan tenaga beserta kelengkapan peralatan medis menjadi hal yang mutlak. “Yaitulah, walau bagaimanapun ular itu termasuk binatang berbahaya jadi meski sudah terbiasa meski sudah paham harus ekstra hati – hati,” tandasnya menambahkan.


Di akhir acara para peserta mendapatkan suvenir menarik berupa DVD kompilasi video produksi UPT BIT LIPI, kalender serta pembatas buku. Dan bahkan mendapatkan satu buah tas ransel bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan. Talkshow dan Diskusi Film The Zoologist ini merupakan bagian dari Pemutaran Film IPTEK LIPI yang berlangsung selama 3 hari. Film – film yang diputar antara lain Ekspedisi Bioresources Pulau Enggano, Karangsambung Dasar Samudera yang Tersingkap, Keanekaragaman Hayati Indonesia dan The Zoologist.

UPT BIT LIPI juga turut berpartisipasi dalam Pameran Akbar Perkebunrayaan yang berlangsung sejak Kamis – Minggu (18-21/5/2017). Booth Pameran UPT BIT LIPI menyajikan beragam informasi seperti pelayanan pelatihan, produksi film – film IPTEK hingga profil profil satuan kerja di LIPI. Semuanya dalam rangka peringatan berdirinya 2 abad Kebun Raya Bogor.

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB