BIT Selenggarakan Workshop Infografis Gelombang 2

  • PDFPrintE-mail

 

Bandung – Setelah sukses dengan penyelenggaraan Workshop Infografis pertama pada Maret silam, UPT Balai Informasi Teknologi LIPI kembali menyelenggarakan workshop infografis jilid kedua pada Kamis dan Jumat (27 – 28/4/17) di Ruang Pelatihan Lt. 2 Gd. 40 UPT BIT LIPI. Tidak kurang dari 40 peserta yang berasal dari lingkungan LIPI antusias mengambil bagian dalam workshop yang berlangsung selama 2 hari ini.

Kepala UPT Balai Informasi Teknologi LIPI Evandri mengatakan harapannya atas penyelenggaraan workshop ini sebagai salah satu cara BIT dalam membagikan ilmu dan keahliannya dalam bidang multimedia. Khususnya pembuatan infografis. “Kita ingin bukan hanya BIT tapi satker lain juga bisa berkontribusi memberikan informasi kepada masyarakat,” terangnya. Ia mencontohkan satker Penelitian Laut Dalam LIPI yang berada di Ambon yang memiliki cukup banyak “Resource” informasi berupa foto dan video. Informasi tersebut tentunya bisa dibagikan kepada publik dalam bentuk media infografis. “Dikemas dalam bentuk infografis seperti itulah yang bisa lebih mengena bagi masyarakat,” tuturnya.

Serupa dengan workshop jilid pertama, Workshop Infografis jilid kedua ini juga mengetengahkan diskusi menarik mengenai tema – tema infografis yang tengah berkembang di masyarakat. Hadir sebagai narasumber Direktur Ardan Group Riza Solichin yang memamaparkan bahasannya tentang “Infographic Media Campaign”. Dirinya menuturkan tren perkembangan pendengar radio saat ini begitu dinamis. Dan setiap stasiun radio berusaha menarik perhatian pendengar dengan beragam metode; salah satunya infografis. “Di Ardan, profil kita selain ada video juga infografis,” tuturnya. Riza menegaskan pemanfaatan infografis tidak bisa dielakkan lagi karena pesan atau informasi yang disajikan oleh media lebih mudah dipahami oleh khalayak.

Sementara itu, Narasumber lain Andrian Wikayanto dari UPT BIT menjelaskan fenomena booming infografis sejatinya masih baru – baru ini saja. Padahal infografis sesungguhnya telah banyak dipakai oleh media – media lokal sejak awal 2000an. “Di salah satu surat kabar di Malang itu sering sekali menggunakan gambar – gambar dan angka – angka atau tabel untuk memudahkan pembaca memahami informasi. Nah pada saat itu infografis sesungguhnya telah dipakai,” jelasnya.

Selapas diskusi para peserta kemudian mencoba secara langsung membuat infografis. Para peserta diajak bersama – sama membuat suatu replika infografis dengan mengikuti langkah – langkah yang telah ditentukan oleh tutor. “Saya tidak memiliki latarbelakang desain tapi workshop ini telah membuat saya mampu mendesain secara sederhana suatu infografis, amat menyenangkan,” ungkap Andre Sihombing salah satu peserta workshop dari PDII LIPI. Dan untuk menambah semangat praktikum para peserta, panitia workshop juga menyelenggarakan lomba pembuatan infografis bagi para peserta workshop infografis gelombang satu dan dua. Panitia akan megumumkan pemenangnya pada 12 Mei mendatang.

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB