BIT Gelar Workshop Infografis Gel. I

  • PDFPrintE-mail

Bandung – Rumah Produksi LIPI yakni UPT BIT LIPI kembali menyelenggarakan kegiatan workshop. Kali ini workshop yang dilaksanakan ialah Workshop Infografis. Tidak kurang dari 25 peserta yang berasal dari satuan – satuan kerja di LIPI turut berpartisipasi dalam acara yang berlangsung selama 2 hari ini yaitu Kamis – Jumat (30 – 31/3/2017). Kegiatan workshop yang bertujuan memperkenalkan pentingnya infografis serta cara membuatnya ini berlangsung di Ruangan Pelatihan Lantai 2 Gd. 40 UPT BIT LIPI.


Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Dr. Mego Pinandito, M.Eng juga hadir dan membuka workshop infografis, ia mengatakan salah satu agenda LIPI adalah refocusing program LIPI dan memaksimalkannya melalui branding LIPI. Beragam info yang dihasilkan dan bisa disajikan oleh LIPI bagi masyarakat. Nah, workshop infografis ini akan membuat produk – produk promosi kita bisa lebih menarik dan dimengerti oleh khalayak. “Harapannya, pulang dari sini akan jago – jago bikin infografis,” ungkapnya yang langsung disambut tepuk tangan riuh para peserta workshop.

Hal senada juga dikatakan Kepala UPT BIT LIPI Evandri, M.Eng., Sc, dalam sambutannya ia berharap workshop ini bisa menjadi salah satu bagian yang baik dalam meningkatkan kemampuan LIPI dalam mempromosikan dan mendiseminasikan informasi yang dimilikinya. “Semoga bisa berjalan dengan lancar,” harapnya.


Selepas rehat kopi, paparan menarik dikemukakan oleh narasumber sekaligus tutor workshop infografis Andrian Wikayanto, S.Sn. Ia menjelaskan infografis telah menjadi sesuatu yang lumrah dalam perkembangan media cetak. Dirinya mencontohkan beberapa surat kabar yang berada di tanah air telah mengimplementasikan infografis dalam pengemasan informasinya. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat kuatnya pesan yang bisa dicerap oleh masyarakat melalui tampilan visual infografis yang menarik. “Intinya kita memberikan informasi kepada komunikan kita, layaknya memaparkan ilmu statistik yang bertemu dengan ilmu sosial disitulah infografis ada,” tuturnya.

Praktek workshop infografis juga berlangsung dengan seru. Para peserta antusias mengikuti langkah demi langkah yang diberikan oleh tutor. Beberapa mengaku baru pertama kali menggunakan software yang digunakan. “Menarik yah, program yang dijalankan bisa membuat lebih mudah dalam membuat buku juga atau poster,” ucap Sulanjana salah satu peserta.

Workshop kali ini merupakan helatan pertama dari 2 kali gelaran pada bulan Maret dan April. Workshop Infografis Gel. II akan berlangsung apda 27 – 28 April mendatang. Pendaftaran sendiri sudah dimulai sejak awal bulan ini. “Menarik dan terima kasih juga Karen bisa mengikuti, semoga ada kesempatan untuk ikut pelatihan lainnya di BIT,” tutur salah satu peserta workshop sambal tersenyum.

Search by Google!

Profile Video

Announcements

IC3INA

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB