UPT BIT LIPI Selenggarakan Pelatihan Video Shooting sebagai Bahan Diseminasi Informasi melalui Media Audio Visual

  • PDFPrintE-mail

Seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, untuk menyampaikan sebuah pesan (diseminasi informasi) kini banyak dilakukan dengan menggunakan media audio visual. Melalui media audio visual pesan yang disampaikan lebih mudah diterima, sehingga media audio visual juga sering disebut sebagai “power of influence” karena kemampuannya dalam menyampaikan pesan yang efektif. Media audio visual merupakan bentuk kombinasi antara suara dan gambar bergerak. Karenanya akan lebih menarik perhatian orang dibandingkan dengan media-media lainnya. Hal inilah yang kini dilakukan sebagian besar instansi baik swasta maupun pemerintah untuk menggunakan media audio visual dalam mengemas informasi mengenai organisasinya kepada masyarakat. Baik dalam bentuk profil perusahaan, dokumentasi kegiatan, maupun diseminasi informasi lainnya terkait dengan organisasinya.

Selain sebagai satuan kerja yang memiliki tugas dan fungsi sebagai rumah produksi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang membuat kemasan-kemasan audio visual LIPI. UPT Balai Informasi Teknologi (BIT) LIPI juga memberikan jasa pelatihan kepada stakeholder baik dari kalangan pemerintah maupun swasta. Salah satu jasa pelatihan yang diselenggarakan oleh UPT BIT LIPI adalah pelatihan video shoting dan editing untuk dokumentasi dan publikasi. Di triwulan pertama tahun 2017 pelaksanaan pelatihan video shoting sudah satu kali terlaksana. Tepatnya dari tanggal 21 – 25 Maret 2017. Dengan jumlah peserta empat orang yang semuanya merupakan staf di UPTD Balai Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.


Kegiatan pelatihan berlangsung selama lima hari, secara garis besar pelatihan ini diberikan kepada peserta melalui tiga tahapan. Tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. Sehingga di akhir kegiatan peserta membawa hasil produksi selama kegiatan pelatihan berlangsung. Pada pelatihan kali ini peserta membuat tema cerita mengenai taman yang ada di Kota Bandung. Dengan dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok mengembangkan cerita sesuai tema yang telah ditentukan. Taman yang menjadi objek dalam pembuatan video pelatihan kali ini antara lain; taman cikapundung dan taman balai kota. Kedua taman ini dipilih oleh peserta sebagai objek dalam pembuatan video pada pelatihan ini karena dianggap menarik dan memiliki unsur pendidikan bagi pengunjung yang datang ke taman ini. Hal ini yang dikatakan salah satu peserta Ibu Cut Ruvina Hakim disela-sela proses pengambilan gambar. Setelah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh UPT BIT LIPI Cut Ruvina berharap “dapat membuat video-video yang lebih baik lagi sebagai bahan diseminasi informasi dalam bidang pendidikan di Provinsi Aceh”, pungkasnya.

 

 

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB