Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Digital: UPT BIT LIPI Kembali Selenggarakan Pelatihan DIGILIB

  • PDFPrintE-mail

Bandung – “Saya Dian Novianto dari Balai Besar Pulp dan Kertas dan saat ini baru dipindah ke perpustakaan,” ujarnya sambil tersenyum. Pak Dian, begitu biasa disapa, saat itu tengah berada pada sesi perkenalan. Sesi tersebut merupakan bagian dari pembukaan Pelatihan Perpustakaan Digital (7 – 10/3) di UPT BIT LIPI. Bersama sebelas peserta lainnya, Pak Dian menjelaskan bahwa dirinya merupakan “Orang IT” dan cukup awam dalam bidang ilmu perpustakaan. Karena itulah, dirinya mengaku cukup antusias dalam mengikuti Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Digital untuk pertama kalinya. “Saya berharap bisa mendapatkan banyak ilmu dari sini,” harapnya.


Tidak hanya Dian, para peserta lain pada Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Digital kali ini juga mengharapkan hal yang sama. Total ada 12 peserta yang berasal dari 11 instansi berbeda. Yaitu: Abkarina Musaadah dari Politeknik Negeri Batam, Alfi Maryati dan Meti Rofiani dari Politeknik Ilmu Pelayaran, Dian Novianto dari Balai Besar Pulp dan Kertas, Elis Marliani dari Balai Besar Bahan dan Barang Teknik, Erlin Arvelina dari Politeknik Negeri Bandung, Fauzia Nurizqi dari Poltekkes Banjarmasin, Ibnu Abdullah dari Pupuk Sriwidjaja, Masagus Jauhari dari PT. Pupuk Indonesia, Slamet Riyadi dari BNPB, Wari Widarini dari Politeknik STTT dan Yuni Kosari dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar.

Selama 4 hari para peserta mendapatkan beragam materi dan praktikum mengenai konsep perpustakaan digital, optimalisasi mesin pencari untuk penelusuran ilmiah, digitalisasi dokumen dan koleksi perpustakaan serta pengenalan aplikasi perpustakaan berbasis web (SLiMS). Pada hari pertama, para peserta mendapatkan materi dan bahan diskusi tentang perpustakaan digital dan konvensional. Tutor hari itu, Kamaludin dan Noorika Retno Widuri mengajak para peserta untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai perkembangan perpustakaan digital masa kini dan mendatang.


Keran diskusi juga cukup mengalir pada hari kedua dan ketiga dimana Dwiyanto Wahyu Ari Nugroho Tutor pada hari kedua dan ketiga,mendapatkan banyak pertanyaan terkait proses digitalisasi yang berlangsung. Salah satu yang menarik perhatian adalah Flipping Book. “Kami di BNPB memiliki rencana juga untuk membuat itu,” tutur Slamet Riyadi salah satu peserta yang dalam kesehariannya bertugas dalam pembuatan media internal instansi.

Materi terakhir yang berlangsung pada hari ke empat yakni praktikum penggunaan aplikasi perpustakaan SLiMS. Para peserta terlibat secara aktif dalam membangun website perpustakaan versi masing – masing dengan panduan dari Abdurrakhman Prasetyadi Tutor pada sesi ini. “Keunggulan SLiMS ini ialah multiplatform sehingga bisa berjalan pada hampir semua sistem pemrograman,” jelasnya. Salah seorang peserta Ibnu Abdullah yang merupakan Superintendent di PT Pupuk Sriwidjaja mengungkapkan harapan yang bisa ia implementasikan setelah mengikuti diklat 4 hari di UPT BIT LIPI. “Kami ingin mengembangkan perpustakaan tradisional yang kami miliki menuju perpustakaan digital sehingga para karyawan bisa menikmatinya,” ungkapnya.

Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Digital selanjutnya akan berlangsung pada 5 – 8 September mendatang.

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB