UPT BIT LIPI Selenggarakan Pelatihan Desain Grafis untuk Layout Buku, Majalah dan Buletin

  • PDFPrintE-mail

Bandung – UPT Balai Informasi Teknologi LIPI menyelenggarakan Pelatihan Desain Grafis untuk layout buku, majalah dan buletin, Selasa – Jumat (21-24/3) di ruang pelatihan lt. 3 Gd. 40 UPT BIT LIPI. Peserta yang berpartisipasi pada pelatihan kali ini berasal dari Sekretariat Daerah dan Bappeda Kabupaten Kotawaringan Timur, Kalimantan Tengah. Yaitu: Muhammad Rusli, Agus Wahyudi, Meuthia Rakhmasari dan Swastika Indriati. Selama 4 hari para peserta mendapatkan beragam materi serta praktikum dalam menyusun tata letak serta desain dari suatu media cetak.


“Dalam pembuatan suatu buku atau majalah di desain grafis ada beberapa elemen yang harus diperhatikan seperti jenis huruf dan warna,” ujar Tutor Pelatihan Desain Grafis untuk Layout Buku, Majalah dan Buletin, Andrian Wikayanto. Lebih lanjut ia menjelaskan semua perangkat yang dibutuhkan untuk menciptakan sebuah layout yang menarik bagi buku, majalah maupun buletin sudah terdapat pada perangkat lunak Adobe Indesign. “Setelah menguasai ini bapak – ibu akan dapat mendesain sesuatu dengan kebutuhan atau keinginan bapak ibu sekalian,” tuturnya.

Andrian menambahkan, dalam proses kreatif menciptakan tata letak yang sesuai bagi media yang tengah dibuat. Proses penyuntingan gambar yang ada juga sangat penting. Karena gambar merupakan salah satu bentuk penanda atau simbol terkait artikel yang ditulis. Sehingga proses penyuntingan gambar mesti dilakukan dengan cermat, presisi dan sesuai dengan kebutuhan dalam layout. “Pada Adobe Photoshop proses editing gambar ini bisa dilakukan dengan mudah sekali bapak ibu memahami praktek dasarnya,” jelasnya.


Secara bertahap para peserta mempelajari konsep dari desain grafis serta melakukan praktek langsung dalam merancang sebuah tampilan majalah dari nol hingga selesai. Software yang digunakan yakni Adobe Indesign serta Adobe Photoshop. Sesekali mereka bereksperimen dengan warna dan jenis – jenis huruf sehingga sesuai dengan rancangan tata letak yang diinginkan. “Di tempat kami setiap tiga bulan sekali menerbitkan majalah Buletin Mediasi, semacam buletin penelitian,” ungkap Agus Wahyudi. Ia mengaku puas dengan materi yang didapatkan dan berharap dapat mengimplementasikannya di kantor. “Kami juga menyarangkan pada pelatihan selanjutnya kami bisa diajak untuk melihat proses langsung di sebuah percetakan,” tuturnya menyarankan.

Pelatihan Desain Grafis untuk Layout Buku, Majalah dan Buletin selanjutnya akan diselenggarakan pada 18 – 21 Juli mendatang.

Search by Google!

Profile Video

Announcements

IC3INA

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB