Membumi di Kota Bandung

  • PDFPrintE-mail


Bandung –
Tahun 2017 telah memasuki bulan kedua, beberapa agenda kegiatan UPT BIT LIPI dalam mengawali semester pertama tahun ini pun telah mulai berjalan. Salah satu diantaranya ialah pemutaran – pemutaran film dokumenter ilmiah karya UPT BIT LIPI pada beragam festival film. Satu yang terakhir diputar pada Night Film Festival di Kebun Raya Bogor.

Bukan tanpa alasan UPT BIT LIPI menggencarkan penayangan berbagai film yang telah digarap pada sejak tahun lalu. Hal tersebut sebagai upaya strategis dalam mempromosikan dan mendiseminasikan UPT BIT LIPI serta karya – karyanya kepada khalayak. Di kota Bandung sendiri, beragam rencana dalam menggaungkan nama UPT BIT LIPI sudah tersusun.

Kepala UPT BIT LIPI Evandri menegaskan hal tersebut, ia berujar sasaran UPT BIT LIPI tahun ini ialah mengokohkan diri sebagai Rumah Produksi berskala nasional. Dan tidak ada acara lain selain menyokong tujuan tersebut dengan mulai memperkenalkan UPT BIT LIPI kepada masyarakat Kota Bandung. Terlebih saat ini nama UPT BIT LIPI  belum familiar bagi masyarakat Kota Bandung. “Di skala Bandung kita harus eksis,” tegasnya.

Kerja sama menjadi salah satu cara UPT BIT LIPI untuk semakin memperkenalkan nama LIPI dan UPT BIT kepada masyarakat. Penjajakan kerja sama tersebut juga merangkul komunitas – komunitas film yang ada di Kota Bandung. Ditambah, keberadaan sarana baru yaitu ruang teater Sinema 40 yang rencananya akan menjadi venue pelaksanaan acara “Nonton Bareng” berbagai film dokumenter ilmiah kreasi sineas UPT BIT LIPI. Dirinya berencana untuk mengundang sekolah – sekolah menengah ke atas dan kejuruan untuk menonton film dokumenter ilmiah di Sinema 40. Sehingga para siswa sekolah bisa mendapatkan manfaat tidak hanya dalam konteks ilmu pengetahuan tapi juga dalam hal karir di masa mendatang. “Misalkan, anak – anak Biologi itu enggak tahu ke depan mau jadi apa nah ini ada film motivasi untuk mereka menjadi peneliti biologi,” tuturnya.

Dalam waktu dekat, UPT BIT LIPI sudah menetapkan agenda penayangan film-film dokumenter ilmiah di beberapa daerah yakni, Bogor, Jakarta, dan Bandung. Penayangan film – film tersebut juga menjadi cara diseminasi informasi serta penguatan imej UPT BIT LIPI sebagai Rumah Produksi kepada masyarakat luas. Sehingga masyarakat bisa semakin tahu dan mengenal LIPI serta posisi UPT BIT LIPI sebagai Rumah Produksinya. “Itu Resolusi BIT tahun ini dalam bidang diseminasi,” pungkasnya.

 

Search by Google!

Profile Video

Announcements

IC3INA

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB