Pemutaran dan Diskusi Film pada Rangkaian Acara Kebun Raya Bogor

  • PDFPrintE-mail

Bogor – Pagi itu, gelak tawa riuh terdengar disela – sela derai hujan yang cukup deras mengguyur Kebun Raya Bogor (28/1). Suara tersebut ternyata berasal dari lokasi “Talkshow Scientific Movie Making” yang tengah berlangsung di Lapangan Nusa Indah Kebun Raya Bogor. Puluhan peserta yang berasal dari berbagai institusi memenuhi tenda yang berada di tengah lapangan. Mereka terlihat antusias menyimak penjelasan mengenai proses pembuatan film dokumenter ilmiah yang dilakukan oleh Tim Dokumentasi Ekspedisi Bioresources Pulau Sumba BIT pada tahun lalu.


Produser, Penulis Naskah sekaligus Sutradara Film Dokumenter Ekspedisi Bioresources Pulau Sumba Penny Sylvania Putri mengungkapkan banyak hal terkait proses dibalik pembuatan Film Dokumenter Ekspedisi Bioresources Pulau Sumba satu diantaranya adalah tantangan medan yang amat menguras energi. “Kontur Pulau Sumba itu berbukit – bukit jadi harus pintar – pintar menjaga kondisi fisik,” tuturnya. Selain itu, salah satu hal krusial dalam membuat film dokumenter ilmiah adalah bagaimana mengemas semua rekaman yang ada dalam satu sudut pandang cerita yang menarik untuk dikisahkan. “Kita sebenarnya memiliki dua output satu film dokumentasi ini, dan satunya lagi berjudul The Zoologist yang lebih menyoroti nilai humanisme penelitinya,” ujarnya.

Antusiasme para peserta yang hadir juga tergambar dari banyaknya pertanyaan ketika sesi tanya jawab berlangsung. Salah satunya Kurnia dari IPB tentang bagaimana membangun cerita yang akan dibentuk pada pembuatan film Ekspedisi Bioresources Pulau Sumba? Penny menjawab, hal utama adalah mengetahui sejak awal film dokumenter seperti apa yang akan dibuat. Sehingga perencanaan termasuk pembuatan skrip akan menjadi lebih jelas. “Kita sendiri mengangkat 2 cerita dari perjalanan ekspedisi ini satu tentang penelitiannya satu lagi tentang penelitinya,” jelasnya.


Talkshow yang berlangsung selama hampir 2 jam ini merupakan bagian dari acara “Road to Night Film Festival” yang diselenggarakan oleh Kebun Raya Bogor LIPI. Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan 2 Abad berdirinya Kebun Raya Bogor. Tidak hanya talkshow, kegiatan yang berlangsung selama satu hari penuh tersebut antara lain Wisata Flora “Jejak Sejarah Kebun Raya Bogor”, Pelatihan Pembuatan Film Pendek, Live Music, hingga Movie Screening. Ada dua film dokumenter produksi UPT BIT LIPI yang turut diputar yaitu Ekspedisi Bioresources Pulau Sumba dan Film Ekspedisi Pulau Enggano pada sesi Movie Screening di malam harinya.

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB