Civitas BIT Menjadi Narasumber In House Training Infografis pada Balitbanghub Kementerian Perhubungan

  • PDFPrintE-mail

Jakarta – Sebutan rumah produksi (multimedia) bagi UPT BIT LIPI nampaknya sudah tidak hanya dikenal di LIPI saja, pada 29 November – 1 Desember civitas UPT BIT LIPI mendapat undangan sebagai narasumber pada kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan. Tiga sivitas UPT BIT LIPI menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan pembuatan infografis. Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh 20 peserta dari masing-masing bidang di instansi tersebut.


Kegiatan dibuka oleh Kasubag Data dan Informasi Penelitian, Imam Sonny. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya penyampaian informasi melalui media-media yang lebih bagus secara visual. Salah satunya menggunakan infografis. Civitas LIPI dari UPT BIT diundang sebagai narasumber pada acara tersebut karena memiliki pengalaman dalam mengemas hasil-hasil penelitian ke dalam media yang lebih populer. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini peserta dapat membuat hasil-hasil penelitian balitbanghub kementerian perhubungan menjadi lebih menarik melalui media infografis.

Andrian Wikayanto sebagai narasumber utama yang dibantu oleh Mutia Maritha dan Jazuli memberikan pemaparan dan materi praktek mengenai infografis di hari pertama. Hari kedua peserta sudah mulai dengan mempraktekan secara langsung pembuatan infografis dengan aplikasi adobe ilustrator. Mulai dengan membuat icon-icon sederhana yang biasanya digunakan dalam infografis, seperti membuat icon air, awan, kertas dan icon sederhana lainnya.


Di hari ketiga peserta diberikan materi template yang sudah disediakan oleh pengajar, hal ini dimaksudkan agar peserta dapat secara langsung melayout icon di kanvas yang sudah disediakan. Selain itu template juga disediakan untuk memudahkan peserta agar mengetahui secara teknis pembuatan infografis secara sederhana. Peserta yang mengikuti pelatihan sangat antusias, karena selain berguna dalam menunjang pekerjaan sehari-hari. Salah satu peserta yang terlihat antusias yaitu Elviana Simbolon, meskipun beliau sudah tidak muda lagi namun semangat dalam belajar infografis sangat besar. Dengan infografis saya nanti akan masukan dalam pemaparan yang saya buat agar lebih komunikatif dalam menyajikan data dibandingkan dengan menyajikan teks narasi.

Search by Google!

Profile Video

Announcements

IC3INA

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB