UPT BIT LIPI Melaksanakan Audit Eksternal ISO 9001:2008 untuk Tahun 2016

  • PDFPrintE-mail

Bandung – UPT Balai Informasi Teknologi LIPI baru saja melaksanakan kegiatan audit eksternal yang berlangsung pada Senin (21/11). Kegiatan audit yang berlangsung selama satu hari penuh ini merupakan salah satu komitmen UPT BIT LIPI dalam menerapkan prosedur terdokumentasi dan praktek – praktek standar untuk manajemen sistem yang terpatri pada ISO 9001: 2008 tetap berjalan dengan baik.

Kasubbag Tata Usaha Poerwanto Soeseno mengatakan, audit eksternal sebenarnya memiliki tujuan untuk mengukur sejauh mana komitmen UPT BIT LIPI dalam mengimplementasikan ISO 9001: 2008 dalam kegiatannya. Serta mencari segala segi yang bisa ditingkatkan atau bahkan diperbaiki jika dirasa belum sesuai. “Karena ISO 9001: 2008 ini dasarnya hanya tools untuk bisa membuat apa yang sudah dilaksanakan oleh BIT ini ada mekanismenya yang benar dan tersertifikasi,” terangnya.

Ia menambahkan, ada 4 bagian yang menjadi konsentrasi audit. Yakni; Manajemen Puncak, Wakil Manajemen, Seksi Pendayagunaan Koleksi Informasi Teknologi (PKIT) dan Subbag Tata Usaha. Audit pada Manajemen Puncak dalam hal ini kepala satuan kerja berkisar mengenai segala bentuk prosedur serta kebijakan mengenai komitmen UPT BIT dalam proses bisnis yang berjalan. Audit pada Wakil Manajemen dalam hal ini Kasubbag Tata Usaha berkisar mengenai segala tinjauan tentang sejauh mana penerapan ISO 9001:2008 di UPT BIT berlangsung. Sementara audit pada bagian PKIT dan Subbag Tata Usaha berkisar tentang bagaimana layanan perpustakaan UPT BIT LIPI dan Subbag Tata Usaha menjalankan fungsinya selama ini. “Auditornya sendiri adalah Bapak Wawan Suwardi S.T. dari PT. Quality Management Indonesia,” jelasnya.

Dan setelah melalui proses audit yang cukup padat, setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh UPT BIT LIPI dalam implementasi ISO 9001: 2008 salah satunya adalah parameter kompetensi dalam hal penyelenggaraan pelatihan. “Seseorang apabila sudah melaksanakan kegiatan pelatihan untuk peningkatan kompetensi,…kalau disebut bagus dia bagusnya kenapa jelek kenapa. Itu harus ada parameter atasan yang menilai,” tutur Pak Poer.

Pemaparan hasil audit eksternal berlangsung pada sore harinya. Auditor Wawan Suwardi memberikan rekomendasi sertifikasi ISO 9001: 2008 di UPT BIT LIPI tetap berjalan. Meskipun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan. “Kami berharap segala catatan dan observasi yang diberikan bisa segera ditindaklanjuti,” tutur Wawan. Menanggapi hasil audit eksternal, Poerwanto mengaku bersyukur tapi tetap masih banyak hal yang harus dilakukan. “Pastinya harus dibuat tindaklanjut jangan terlalu lama karena semakin lama semakin banyak tugas yang lain perlu ada segera perbaikan dan upaya untuk sama – sama menjaga komitmen ISO 9001: 2008,” pungkasnya.

 

Search by Google!

Profile Video

Announcements

IC3INA

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB