2014

UPT BIT LIPI ikut serta pada Pameran Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XVI

  • PDFPrintE-mail

Samarinda – UPT Balai Informasi Teknologi (UPT BIT) berpartisipasi pada pameran Gelar Teknologi Tepat Guna NasionalXVI 2014 yang diselenggarakan di Kota Samarinda Kalimantan Timur. Untuk pertama kalinya UPT BIT ikut serta pada gelaran tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri ini. Bertempat di GOR Madya Sempaja 18 – 23 Juni 2014.Acara yang dibuka oleh Wapres Boediono ini diikuti oleh seluruh Propinsi, Kabupaten/kota dan Kementerian/Lembaga, BUMN dan BUMD. Selain pameran produk unggulan dari masing-masing peserta, diadakan pula lokakarya dan widyawisata.

UPT BIT bersama dengan Pusat Penelitian Kimia, Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna, UPT BPPTK Gunung Kidul, BKPI LIPI mengisi stand LIPI yang berada bersebelahan dengan stand Kementerian Ristek. Seperti pada kegiatan pameran-pameran lainnya, UPT BIT memamerkan kemasan audio visual hasil penelitian unggulan LIPI. Pengunjung yang datang pada pameran ini sangat antusiasuntuk melihat koleksi kemasan audio visual hasil penelitian unggulan LIPI. Di antara kemasan yang paling sering diminta untuk diputarkan oleh pengunjung adalah pembuatan briket dari tempurung kelapa. Karena banyak pengunjung yang berasal dari daerah penghasil kelapa namun belum mengetahui cara memanfaatkan tempurung kelapa, sehingga banyak yang menganggap tempurung kelapa hanya sebagai limbah. Semoga dengan hasil penelitian dari LIPI dengan teknologi yang tepat dapat bermanfaat dan meningkatkan produktivitas dan daya saing masyarakat. Sesuai dengan tema Gelar Teknologi Tepat Guna XVI 2014 “Dengan Teknologi Tepat Guna Kita Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing Bangsa Menuju Kemandirian masyarakat . (Jazuli)

Keikutsertaan LIPI pada Pameran Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XVI

UPT Balai Informasi Teknologi LIPI terima kunjungan Mahasiswa UHAMKA Jakarta

  • PDFPrintE-mail

Bandung - Tujuh puluh mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Informatika Universitas Muhamadiyah Hamka (UHAMKA) Jakarta melakukan kunjungan ke UPT Balai Informasi Teknologi (UPT BIT) LIPI Kamis, 5 Juni 2014. Bertempat di ruang seminar lantai dua, rombongan mahasiswa yang didampingi oleh dua dosen diterima oleh perwakilan UPT BIT. Dari Seksi pemasyarakatan dan kerjasama diwakili oleh Fitria Laksmi Pratiwi, Kepala Seksi Pengelolaan Sistem Informasi Teknologi Gonang May Perdananugraha, serta beberapa stafnya. Dalam kunjungan tersebut HMJ Teknik Informatika UHAMKA bermaksud untuk mengetahui secara langsung dunia kerja setelah mereka lulus nanti, demikian disampaikan oleh salah satu perwakilan mahasiswa.

Untuk memperkenalkan UPT BIT kepada pengunjung Kepala Seksi PSIT Gonang May Perdananugraha memaparkan tugas pokok dan fungsi UPT BIT, serta dilanjutkan presentasi tentang layanan online UPT BIT LIPI oleh Ridwan Suhud dari seksi PSIT. Setelah itu pengunjung diajak untuk menonton film hasil produksi BIT, film yang diputarkan di antaranya film profil LIPI, film animasi Bahaya Pemanasan Global, dan film Opini Publik tentang LIPI. Setelah sesi pemutaran film dilakukan sesi tanya jawab, dari pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung, sebagian besar tertarik ingin mengetahui cara memproduksi film terutama film animasi. Pertanyaan yang diajukan langsung dijawab oleh Arif S Hermawan selaku salah satu animator yang membuat film animasi. Kegiatan kunjungan ditutup dengan penyerahan plakat dari UHAMKA kepada UPT BIT, yang dilanjutkan dengan berkeliling untuk melihat laboratorium produksi film yang berada di lantai tiga.  (Jazuli-Humas UPT BIT LIPI, Juni 2014)


UPT Balai Informasi Teknologi LIPI Jajaki Kerjasama Pengelolaan Perpustakaan dengan STT PLN dan STPI Curug

  • PDFPrintE-mail

Dalam rangka penjajakan kerjasama bidang perpustakaan dan multimedia UPT Balai Informasi Teknologi LIPI melalui Seksi Pemasyarakatan dan Kerjasama melalukan penjajakan kerjasama dengan mengunjungi perpustakaan Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN) dan perpustakaan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. Kunjungan hari pertama bertempat di kampus STT PLN Cengkareng Jakarta. Pada kunjungan tersebut rombongan seksi pemasyarakatan dan kerjasama yang berjumlah tiga orang langsung disambut oleh kepala perpustakaan STT PLN Yuda Formanto. Dalam sambutannya Yuda mengatakan pada dasarnya menerima baik tawaran kerjasama dalam bidang perpustakaan, terutama dalam pertukaran koleksi perpustakaan. Untuk itu Yuda berharap untuk segera dilakukan penandatangan MOU agar proses kerjasama terpayungi secara legal. Pada pemaparannya kepala Seksi Pemasyarakatan dan Kerjasama UPT BIT Teguh Heri Pranowo juga berharap kerjasama yang dibangun antara Perpustakaan STT PLN dan UPT BIT ini dapat berlanjut bukan hanya sampai pada pertukaran koleksi saja, melainkan kepada kerjasama yang cakupannya lebih luas, seperti pengembangan pengelolaan perpustakaan atau pelatihan untuk tenaga perpustakaannya. Menutup diskusi dilakukan sesi foto bersama dan ramah tamah.

Foto Bersama : Rombongan UPT Balai Informasi Teknologi berfoto bersama Kepala Perpustakaan STT PLN dan staf perpustakaan

Penyambutan : Sebelum menemui Kepala Perpustakaan STPI Curug Tangerang rombongan UPT Balai Informasi Teknologi disambut oleh Kepala Bagian Rumah Tangga dan Humas STPI Curug

Pada hari kedua kunjungan dilakukan ke STPI Curug Tangerang Banten. Kedatangan tim Seksi Pemasyarakatan dan Kerjasama UPT BIT disambut oleh Kepala Bagian Rumah Tangga dan Humas STPI Royke B. Polian. Koordinator tim menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan rombongan dari UPT BIT yaitu akan melakukan penjajakan kerjasama dalam bidang perpustakaan dengan perpustakaan STPI Curug. Setelah memberikan pengarahan dan perkenalan tentang STPI Curug. Kemudian rombongan diajak langsung menemui Kepala Unit Perpustakaan Suse Lamtiar. Pada sambutannya kepala Perpustakaan STPI menyambut baik tawaran kerjasama oleh UPT BIT, terutama dalam mengembangkan pengelolaan perpustakaan dan pelatihan untuk SDM perpustakaan. Selain itu untuk menambah koleksi, perpustakaan STPI juga memerlukan penambahan koleksi terutama jurnal yang berkaitan dengan bidang teknik, radar maupun elektro. Sehingga dapat menambah referensi bagi pembaca yang mayoritas kalangan taruna STPI Curug. Setelah berdiskusi rombongan diajak untuk melihat-lihat koleksi dan fasilitas pendukung yang dimiliki Perpustakaan STPI Curug.   (Jazuli)

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB