Republika - Perpustakaan UPT BIT LIPI

  • PDFPrintE-mail

Perpustakaan UPT BIT LIPI

Bertransformasi Seiring Teknologi

(Republika) Teknologi, terus berkembang. Perpustakaan yang memasok buku-buku teknologi pun, mau tak mau harus bertrasnformasi mengikuti perkembangannya. Tak terkeculai Perpustakaan UPT Balai Informasi Teknologi (UPT BIT LIPI) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Rak%20Buku.jpg

Dulu, pada era 80 sampai 90-an, perkembangan teknologi terbaru, bias dipantau dan didapatkan dari buku dan jurnal di perpustakaan ini. Namun era digital di pergantian millennium, juga mengubah pola akses informasi. Untuk mendapatkan informasi, kini orang tak perlu lagi dating ke perpustakaan tapi cukup duduk menghadapi layar computer yang terhubung internet.

 

Berdiri pada 1967, Perpustakaan UPT BIT LIPI lahir bersamaan dengan hadirnya LIPI. Perpustakaan ini menjadi pusat rujukan referensi para peneliti dan mahasiswa. Masa jaya dialami pada era 90-an. Buku dan informasi yang selalu mengikuti setiap perkembangan, menjadi daya tariknya.

Total koleksi buku di perpustakaan ini, mencapai 20 ribu judul buku. Dari jumlah itu, 90 persen merupakan buku dengan klkasifikasi teknologi dan sains. Jurnal yang dilanggan, tercatat 50 judul, dari dalam maupun luar negeri.

Saat jaya, angka kunjungan ke perpustakaan juga melejit. Dalam satu hari, setidaknya 100-150 pengunjung bertandang ke perpustakaan ini. Fasilitas perpustakaan seperti pengatur udara (AC)  dan tempat baca yang nyaman menambah daya pikat bagi pengunjung.

Waktu terus bergulir, zaman pun berganti. Seiring perkambangan teknologi, perpustakaan ini pun bertransformasi . Secara bertahap , perpustakaan digital dirintis UPT BIT LIPI. Para pencari ilmu cukup mengakses layanan perpustakaan secara online. Langganan jurnal pun dialihkan ke bentuk digital. Tak hanya jurnal yang tersedia dalam bentuk digital. Tersedia pula film-film dokumentasi hasil penelitian ilmiah LIPI.

Tak dipungkiri, perubahan paradigma perpustakaan mengikuti perkembangan teknologi, berdampak pada angka kunjungan. Kini rata-rata hanya dating sepuluh pengunjung per hari ke perpustakaan. Ratusan pengunjung harian, beralih ke versi digital yang bisa diunduh dari lokasi mana pun. “Perpustakaan fisik kami, sekarang menjadi museum buku,” ujar Pustakawan Perpustakaan UPT BIT LIPI, Suherman. Karena kata dia, buku koleksinya sudah uzur. Sementara koleksi buku baru sangat terbatas.

Masa keemasan perpustakaan fisik yang pernah jaya ini, aku Suherman, sudah lewat. “Ini tragedi perpustakaan,” ujar dia menerawang. Dalam kenangannya, perpustakaan ini reamai dikunjungi karena koleksi jurnal yang tak tertandingi. Dia mengatakan perubahan ini sangat terasa pascakrisis keuangan menghajar Indonesia dan Asia di akhir 90-an. Perkembangan teknologi, menurut  dia, hanya satu penyebab lain dari tak lagi ramainya perpustakaan ini.

Tapi, lanjut Suherman, ‘museum’ ini bukan berarti tak lagi punya arti. Banyak peneliti masih setia dating ke perpustakaan, karena memburu koleksi lama. Maklum, buku sains terbitan era 40-an bisa ditemukan di sini.

“Kalau mau cari infromasi  lama, datanglah ke sini. Kalau yang baru dari internet saja,” ujar Suherman. Kini setengah koleksi buku Perustakaan UPT BIT LIPI, digudangkan. Yaitu buku-buku yang dinilai sudah tak lagi relevan dengan perkembangan zaman.

Kepala Perpusatakaan UPT BIT LIPI, Diana Riswantini menyatakan perpustakaan fisik tak akan dihilangkan sekali pun era sudah berganti. Pengadaan buku baru pun tetap dilakukan. “Walaupun memang pengelolaan masih difokuskan pada perpustakaan digital,” kata dia. Kemudahan para peneliti mendapatkan informasi menjadi prioritas.

Kepala Seksi Pendayagunaan Koleksi Informasi Teknologi, Ari Nugroho, menambahkan film dokumentasi penelitian menjadi nilai lebih dari perpustakaan digital yang dibangun UPT BIT LIPI. Menurut dia, pemaparan penelitian hanya melalui penulisan jurnal, tak memadai. Dokumenatsi berupa audio visual, melengkapi gambaran yang tertulis kaku dalam jurnal. (Arie Lukihardianti)

Add comment

Security code
Refresh

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB