Kunjungan BIT ke Perpustakaan ITS

  • PDFPrintE-mail

PRESS RELEASE DINAS SURABAYA

PENGANTAR

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan melatih pelaksana perjalanan dinas yaitu agar mengetahui perkembangan perpustakaan perguruan tinggi yang sudah cukup maju untuk dijadikan patokan bagi perkembangan perpustakaan UPT BIT LIPI, kami sebagai peserta perjalan dinas dari UPT BIT-LIPI Bandung, merasa sangat beruntung telah diikutsertakan pada kegiatan ini, selain mendapatkan ilmu cara pelayanan perpustakaan saat ini yang baik, penyediaan konsep perpustakaan yang modern untuk menghasilkan kenyamanan bagi pengguna/mahasiswa, dan kami pun mendapatkan berbagai inovasi digital library yang tidak disangka mudah untuk digunakan dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna/mahasiswa, kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu singkat yaitu 4 hari.

Adapun para pelaksana yang mengikuti perjalanan dinas ini 4 orang, yakni Bpk. Gonang May Perdananugraha, Bpk. Sutoyo, Bpk. Dodi, serta Bpk. Abdurrakhman Prasetyadi. Disamping itu ada pembicara yang berkompeten dari dua kampus ITS dan UK Petra, yakni Bpk. Soebono, dan Bpk Liauw Toong Tjiek.

 

AGENDA

1. Kunjungan ke UPT Perpustakaan ITS Surabaya

1.1 Presentasi Kepala Perpustakaan ITS

1.2 Diskusi

1.3 Tinjauan Seluruh Lokasi Perpustakaan ITS

2. Kunjungan ke Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Petra

2.1 Presentasi Kepala Perpustakaan Univ.Petra

2.2 Diskusi

2.3 Tinjauan Seluruh Lokasi Perpustakaan Univ.Petra

1. UPT PERPUSTAKAAN ITS

Mendengarkan Presentasi Dari Kepala Perpustakaan ITS

Hari pertama kunjungan UPT BIT LIPI ke Perpustakaan pusat ITS, kami langsung disambut dengan hangat oleh kepala dan staf perpustakaan pusat ITS, Rabu (22/6). Pada gambar tampak tim dari UPT BIT LIPI sedang menyimak presentasi dari Kepala UPT BIT LIPI mengenai dampak baik penggunaan digital library terhadap penggunaan koleksi perpustakaan ITS, serta peningkatan rangking perpustakaan dunia, dimana perpustakaan ITS terpilih sebagai yang terbaik di Indonesia menurut Webometrics dan dilanjutkan dengan diskusi.

Jumlah koleksi berdasarkan data Perpustakaan ITS, memiliki 129.174 Eks, 78.880 judul buku dan thesis. Karena penggunaan digital library ITS meningkat kini perpustakaan ITS menempati posisi 64 dunia dalam Webometrics, dan pertama di indonesia dalam akses digital library/koleksinya. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa mengingat data statistik pengguna digital library ITS berdasarkan tahun sejak 2007 hingga 2010 terus melonjak.

Serah Terima Cinderamata

Bapak Sutoyo SAP mewakili tim dari UPT BIT LIPI untuk menerima sebuah cinderamata dari Perpustakaan ITS, Rabu (22/6). Sedangkan UPT BIT LIPI menyerahkan sebagian koleksi DVD penelitian dan materi lainnya seperti brosur UPT BIT LIPI kepada Kepala Perpustakaan ITS. Diantara pemberian dari UPT BIT LIPI, salahsatunya berupa DVD multimedia karya PSIT UPT BIT LIPI tentang penelitian bangunan tahan gempa.

UPT BIT LIPI sendiri menerima cinderamata berupa plakat kunjungan UPT BIT LIPI ke Perpustakaan ITS, buku katalog, dsb. Yang diwakilkan oleh Bapak Soebono Kasubbag TU UPT Perpustakaan ITS.

Foto Bersama

Foto Bersama para staf dan kepala Perpustakaan ITS, Rabu (22/6). Diketahui bahwa Perpustakaan ITS memiliki beberapa staf yang sudah PNS dan beberapa lagi honorer. Foto ini diambil setelah acara presentasi dari Bapak Kasubbag Soebono, dan acara diskusi, yang kemudian dilanjutkan dengan acara keliling ruangan Perpustakaan ITS.

Dalam foto ini sendiri, turut tim dari UPT BIT LIPI yaitu Bapak Gonang M.P (kempat dari kiri), Bapak Abdurrakhman P., Bapak Dodi, dan Bapak Sutoyo. Kunjungan ini dilaksanakan selama satu hari mulai pukul 09.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB.

Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2011, dengan maksud untuk menjalin kerjasama, berbagi pengalaman, dan meningkatkan peran perpustakaan nasional. UPT BIT LIPI sendiri mendapatkan sebuah gambaran yang berharga tentang penggunaan grand desain perpustakaan digital yang baik, dan memiliki fasilitas yang lengkap.

Salah Satu Sudut Ruangan di Perpustakaan ITS

Rabu (22/6), Bapak Gonang M.P. salah satu tim yang berkunjung ke Perpustakaan UPT BIT LIPI berfoto di depan ruangan IDIS ITS, dimana ruangan tersebut hasil kerjasama ITS dengan World Bank untuk koleksi mengenai sanitasi. Disamping itu masih ada ruangan seperti sampoerna corner yang merupakan pemberian sponsor  sampoerna, dan PLN corner.

Ruangan di perpustakaan ITS itu sendiri terdiri dari beberapa ruangan khusus seperti Ruang majalah, ruang rental, ruang internet gratis, ruang referensi, ruang papyrus, ruang wifi lesehan, cafe hotspot, PLN/Sampoerna corner, ruang nonton bareng dan front office/bag.informasi.

Ruang Baca Perpustakaan ITS

Ruangan baca di salah satu sudut perpustakaan ITS ini adalah ruangan terluas, mencakup 1 lantai gedung perpustakaan ITS, di atas ruangan internet, dan café library, Rabu (22/6). Fasilitas ruangan baca perpustakaan ITS, cukup lengkap seperti penyediaan hot spot, rak buku yang rapi, sofa, komputer penelusuran,  kursi dan meja baca, dsb.

Digital library ITS dapat diakses melalui digilib.its.ac id, yang menyediakan layanan fulltext digital theses, majalah, dan penelitian. Sedangkan untuk mengakses e-journal anggota dapat mendownload langsung fulltext melalui halaman web online publisher nya secara langsung seperti Sciencedirect, ACS, dan IEEE explorer tetapi hanya dapat dilakukan di perpustakaan ITS.

Ruang baca atau ruang buku ini sedang dalam tahap renovasi sewaktu kami berkunjung, dan sudah hamper selesai. Dari aspek kebersihan dan kenyamanan ruang baca ini patut diacungi jempol.

Add comment

Security code
Refresh

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB