Kunjungan BIT ke KOMPAS

  • PDFPrintE-mail

PRESS RELEASE DINAS JAKARTA

PENGANTAR

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan melatih pelaksana perjalanan dinas yaitu agar mengetahui perkembangan Pusat Informasi Kompas yang yang berada di bilangan jalan Palmerah Selatan No. 26. Kami sebagai peserta perjalan dinas dari UPT BIT-LIPI Bandung, mendapatkan gambaran tentang pelayanan jasa dokumentasi foto, press release, dan kliping koran yang semuanya dalam bentuk elektronik dan berlangganan. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, penyediaan konsep dokumentasi informasi yang modern untuk menghasilkan kenyamanan bagi pengguna internal, dan pengguna eksternal dengan berlangganan, kami pun mendapatkan berbagai sebuah inovasi dokumentasi menggunakan teknologi informasi yang tidak disangka mudah untuk digunakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu yaitu 1 hari.

Adapun para pelaksana yang mengikuti perjalanan dinas ini 6 orang, yakni Bpk. Dadang Komarudin, Bpk. Kamaludin S.Sos, Bpk. Suherman M.Si, Bpk. Achmad Rudi Hartono, serta Bpk. Abdurrakhman Prasetyadi, S.Sos, dan Bpk. Ajat Sudrajat.

 

PUSAT INFORMASI KOMPAS

Kunjungan kerja ke Pusat Informasi Kompas.

Pada hari kamis 17 November 2011, beberapa Pustakawan UPT BIT LIPI mengunjungi Pusat Informasi Kompas di Jalan Palmerah Selatan No. 26. Tujuan dari kungjungan ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan UPT BIT LIPI seputar kemajuan dalam bidang dokumentasi foto, kliping, dan press release.

Tampak dalam gambar Bapak Kamaludin, sebagai koordinator rombongan dari UPT BIT LIPI memberikan beberapa kenangan dari UPT BIT LIPI dan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat dari pihak PIK Kompas, yang diwakilkan oleh Ibu Manajer PIK Kompas. Untuk acara pertama, diawali dengan sambutan dari Ibu Manajer PIK Kompas, presentasi dan dilanjutkan dengan coffee break. Meeting berlangsung kurang lebih dari pukul 13.00 hingga pkl 15.30 WIB, rombongan pun merasa cukup puas dan melihat keunggulan teknologi dokumentasi dari PIK Kompas.

Presentasi Dari berbagai Narasumber

Para rombongan dari UPT BIT LIPI sedang menyimak presentasi dari berbagai narasumber, Kamis (17/11). Dimana presentasi pertama disampaikan oleh Kepala Perpustakaan PIK Kompas, memaparkan tentang database dokumentasi foto dan press release dari surat kabar kompas. Dimana hasil dokumnetasi tersebut dapat digunakan oleh pengguna internal, dan pengguna dari luar dengan cara berbayar atau berlangganan. Kemudian untuk presentasi terakhir disampaikan oleh Bpk Kepala Dokumentasi PIK Kompas dengan presentasi kliping koran elektroniknya yang disampaikannya hingga pukul 14.30 WIB.

Acara selanjutnya yaitu diskusi, rombongan dari UPT BIT LIPI mengajukan beberapa pertanyaan soal teknologi database yang dikembangkan oleh PIK Kompas, salah satunya Bpk Kamaludin. Lalu Bpk. Dadang mengajukan pertanyaan mengenai bagaimana cara berlangganan kliping koran elektronik dari PIK Kompas, dan Bpk. Abdurrakhman P. yang penasaran dengan versi trial nya dari database foto.

Menyimak Penjelasan Tentang Lemari Arsip CD dan DVD

Tampak dalam gambar Bpk. Dadang Komarudin (kiri) sedang mendengarkan penjelasan tentang tata lemari arsip CD dan DVD di PIK Kompas, adapun CD dan DVD tersebut adalah koleksi offline berupa foto pemberitaaan, press release, dan kliping koran dari surat kabar Kompas. Terdapat lebih dari 5 lemari arsip pada pusat penyimpanan PIK Kompas, selain lemari arsip CD dan DVD, adapula lemari arsip untuk foto negatif, slide dsb.

Foto diambil sebelum mengunjungi pusat perpustakaan PIK Kompas pada pukul 14.30 WIB. Kunjungan ini dilaksanakan untuk belajar mengenai sistem dokumentasi pada pusat informasi kompas, Kamis (17/11).

Berfoto di Perpustakaan PIK Kompas

Tampak dalam gambar dari Bpk. Suherman, Kamis (8/11). Foto diambil ketika kegiatan mengunjungi perpustakaan PIK kompas, adapun perpustakaan PIK Kompas sudah menggunakan sistem yang canggih. Salah satunya menggunakan lemari atau rak buku sistem tutup dorong atau mekanik, seperti dalam gambar.

Selain itu, koleksi pun masih terjaga dengan baik, baik itu buku kuno maupun terbitan seluruh surat kabar baik surat kabar harian Kompas dai yang terlama hingga terbaru, adapula surat kabar lainnya. Bila ada buku atau koleksi yang rusak pusast perpustakaan PIK Kompas akan dilakukan penjilidan ulang, atau preservasi koleksi.

Berfoto di Depan Mesin Cetak Koran

Dari kiri ke kanan Bpk. Kamaludin, Abdurrakhman P., dan Bpk. Ajat Sudrajat sempat berfoto di ruangan lobi masuk Pusat Informasi Kompas, Kamis (17/11). Foto diambil setelah mengikuti kegiatan meeting bersama manajer dan kepala pusat perpustakaan dan dokumentasi PIK Kompas, pukuel 15.30 WIB. Para rombongan UPT BIT LIPI mendapatkan sebuah pengalaman dan ilmu yang berharga dari kunjungan ke PIK Kompas.

Seperti diketahui PIK Kompas atau Pusat Informasi Kompas adalah unit bagian dari Surat Kabar Kompas, untuk pendokumentasian hasil foto pemberitaan, press release, dan kliping koran dari surat kabar Kompas, yang dialih bentukkan menjadi elektronik, disimpan dan untuk digunakan oleh pegawai internal serta luar dengan cara berlangganan.

Pusat Informasi Kompas

Seperti tampak dalam gambar, Bpk. Suherman salah satu rombongan dari UPT BIT LIPI yang mengunjungi Pusat Informasi Kompas, Kamis (17/11) berfoto di kantor Pusat Informasi Kompas. Kunjungan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 17 november 2011 selama 1 hari, mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB.

Bpk. Suherman salah satu rombongan UPT BIT LIPI yang tertegun melihat kemajuan teknologi dalam bidang pendokumentasian dengan alh bentuk ke elektronik di PIK Kompas, dengan sistem yang canggih PIK Kompas menyajikan layanan perpustakaan, arsip, database foto, press release dan kliping koran elektronik.

Comments  

 
0 #1 langganan koran kompastommy 2012-08-10 14:33
mohon informasinya, saya ingin langganan koran kampus tapi saya sulit dapat infomasi, bagaimana caranya.
Quote
 

Add comment

Security code
Refresh

Search by Google!

Profile Video

Announcements

Zona Integritas

IPTEKDA-LIPI XV

SURVEY IKM

Food & Health

Package Information of Food & Health

IPTEKDA-LIPI XV

IPTEKDA-LIPI XV

Bangli Heritage

Bangli Heritage: Multimedia knowledge Center

News Archive

Statistics

Share Us

BIT on Youtube

BIT Facebook Page

BIT's Group on FB